Sikap berhati-hati dalam membaca label kemasan sangatlah diperlukan lho apalagi untuk keluarga muda seperti kita,terkadang saking senengnya ada banyak diskon kita jadi lupa untuk membaca atau melihat kemasan dari makanan ataupun minuman yang di diskon,dalam pikiran saya bila di kita belanja di supermarket besar untuk perputaran barang seperti makanan dan minuman dalam kemasan pastilah cepat karena yang berbelanja disana pastilah orang banyak,berbeda dengan toko ataupun minimarket kecil yang mana perputaran barang lebih pelan, bukan enggak laku cuman terkadang orang milih di supermarket besar karena harga lebih murah dari pada toko kecil dan prestisius bila belanja di supermarket.

Ini pengalaman pribadi saya,saking senengnya beli produk diskon dengan embel-embel "beli 1 box dapat 1 box lagi", wah....berarti banyak dong apalagi ini produk snack yang bisa aku jual lagi di toko aku lumayan kan"pikirku,ini mungkin juga karena aku lalai dan ceroboh jadi tak terpikir aku untuk baca label kemasan boxnya,jadilah aku beli deh tapi sesampai dirumah baru deh aku baca dan ternyata kadaluarsanya kurang 1 bulan lagi *hiks* mampus deh aku mana dua box lagi, terus pernah juga aku beli kadaluarsa sih masih lama tapi kok rasa dan baunya itu sudah tidak enak mungkin kalau yang ini karena penyimpananan dan letak produk tersebut jadinya terkontaminasi .

Jadi dari pengalaman tersebut supaya tak buang-buang uang dengan percuma kita harus selektif dan aware dalam melihat kondisi dan label yang tertera di kemasan,berikut yang harus kita perhatikan saat membeli produk kemasan:
*Lihat merk,nama dan alamat produsen
* Membaca dan memahami label dan nomor pendaftaran untuk menandai adanya evaluasi pangan sebelum beredar.Evaluasi tersebut ditandai dengan kode:
MD makanan produk dalam negeri
ML makanan impor atau produk luar negeri
SP sertifikat penyuluhan atau sekarang diganti dengan
PIRT pangan industri rumah tangga
* Ini yang paling penting lihat dan baca tanggal kadaluarsanya,bagai mana produsen mencetaknya,kalau cetakannya dalam kemasan,berarti memang benar-benar tercantum dari pabrik,kalau tanggal kadaluarsa ditempel oleh label tambahan jangan dibeli karena itu berarti makanan yang tercemar dan tidak boleh dimakan.
* Berat/volume produk serta komposisi produk

selain itu yang juga tidak kalah penting adalah :
* Informasi nilai gizi persajian
* Total lemaknya,hal ini penting untuk mengetahui seberapa banyak lemak jenuh yang kita makan dan bisa mempengaruhi kadar kolesterol
* Senyawa elemen lain seperti mineral,vitamin dan adanya bahan pengawet
* berapa persen day value,maksudnya adalah agar kita tahu berapa persen dari makanan atau minuman tersebut yang menyuplai kebutuhan nutrisi kita sehari-hari

Nah semoga ini pengalaman saya ini bermanfaat,hanya dengan sikap awarenes,keluarga kita akan selamat dari ancaman penyakit karena makanan dan minuman

0 comments