Hm....kata orang dunia semakin tua, tapi teknologi semakin canggih saja, kalau kita tak bisa mengikuti semua perubahan ini, kita dianggap ketinggalan jaman dan kuno jadi semua yang kita lakukan memaksa kita untuk berpacu dengan kecanggihan teknologi, karena teknologi pula lah kehidupan manusia jadi lebih mudah, kita dapat melakukan komunikasi dengan berbagai cara  yang mana hal tersebut tak pernah terbayangkan dalam benak kita sebelumnya tanpa harus terjebak dengan kemacetan, tanpa harus menghabiskan banyak waktu dan tenaga kita, oh ya...serunya lagi tanpa harus merogoh saku kita dalam-dalam ( yaaa...mungkin hanya tagihan nya saja yang sedikit membengkak he...he...he).

Salah satu bentuk teknologi dan komunikasi yang paling populer adalah internet, internet baik sekali bagi dunia bisnis maupun untuk keluarga serta teman-teman kita karena dengan internet kita bisa melakukan aktivitas apa saja, mulai dari mencari teman, mencari informasi yang berkenaan dengan apa saja seperti pendidikan, hiburan,budaya,berita paling terbaru,dunia bisnis,transaksi,hingga berkeliling dunia,bahkan sampai dengan hal-hal yang berbau mistis,keanehan duniapun ada di dalam internet, hanya dengan duduk di depan layar komputer kita sudah bisa berkomunikasi dengan siapa saja, teman, saudara jauh bahkan klien kita dalam bekerja tanpa harus beranjak dari tempat duduk kita, karenanya bisnis melalui internetpun semakin gegap gempita, banyak situs-situs baru bermunculan dalam hitungan hari ataupun jam. Pendek kata internet bagaikan sebuah penyakit yang menular, virusnya dapat berkembang dengan cepatnya nyaris tak terkendali, karena dalam internet tak ada yang tidak masuk akal dan tak ada yang tidak mungkin.

Dan yang lagi tren saat ini dari internet adalah sebuah jaringan pertemanan dalam dunia maya yaitu Facebook, facebook memudah kan kita untuk melakukan pertemanan dengan siapa saja dengan lebih luasnya bukan hanya dari pelosok negeri sendiri tapi juga sampai ke pelosok luar negeri. Facebook memang memiliki beberapa kelebihan, termasuk efisiensi dan kemudahan berkomunikasi, disini kita bisa berbagi  (share) dengan siapa  saja atau memberikan komentar apa saja di dinding (wall) status teman-teman kita. Yang mana terkadang hal tersebut dapat memberikan suatu nilai positif yang berguna ataupun hanya sekedar bercanda saja.

Namun disampin adanya kelebihan-kelebihan diatas ternyata facebook juga memiliki kelemahan karena komentar seseorang dalam facebook di dinding kita juga bisa menimbulkan strees dan bahkan bisa pula sangat menyesatkan pikiran kita, konflik tersebut bisa saja terjadi karena  adanya suatu ketegangan yang muncul karena  seseorang bertidak berdasarkan dorongan hati yang negatif yaitu dengan cara mengungkapkan perasaan secara langsung melalui facebook yang mana mereka anggap komentar tersebut sebagai kesenangan semata saja. Satu kali saja kita meng "klik" tombol kirim tanpa berpikir dua kali, kita telah merusak suatu hubungan ataupun juga dapat memunculkan suatu konflik  yang sebenarnya tak perlu dalam hidup kita.

Ketika kita sedang memegang hp atau duduk di depan layar komputer kita untuk membalas status teman kita, kita bisa saja dengan mudahnya melupakan perasaan sungkan kita, karena kita menganggap hal ini sebagai kesenangan saja,karena ketika kita duduk di depan layar komputer kita, kita akan merasakan suatu perasaan aman-aman saja untuk mengungkapkan suatu fikira-fikiran pribadi kita.

Kita menjadi merasa terpancing untuk menulis hal-hal yang takkan mungkin kita bisa ungkapkan secara langsung di depan orang tersebut. Tanpa berfikir panjang lagi kita menuliskan beberapa ucapan yang menyakitkan, lalu dalam sekejap ucapan kita dikirim melalui dunia maya dan pada saat kita menyadari apa yang telah kita ucapkan,atau memikirkan dampak apa saja yang berkemungkinan akan timbul, segalanya sudah terlambat, komentar tersebut sudah dikirim dan kerusakkanpun terjadi.

Meski pelampiasan langsung lewat facebook sangat menggoda, penting untuk diingat bahwa ketika kita merasa tergesa-gesa  atau merasa reaktif , ini bukan saatnya untuk mengirim pemikiran kita tanpa rasa sungkan dalam facebook, selalu lebih baik memberikan komentar yang lebih memberikan kearah nilai positif ataupun kalau bercanda  ya..dengan cara sewajarnya saja tak perlu menjebloskan seseorang kearah yang tidak mereka inginkan, jadi kita bisa berpikir lebih jernih untuk merenungkan apa yang kita katakan dan bagaimanakah tanggapan orang yang menerima komentar kita yang tidak menyenangkan dan memerahkan telinga tersebut. Lebih baik kita tidak menuruti dorongan hati untuk mengungkapakan perasaan negatif kita melalui facebook.

Kepuasan yang langsung kita rasakan akan nyaris selau dibayangi oleh stres yang kita cipatakan untuk diri sendiri dan untuk si penerima perasaan kita sesudahnya, dan ini sangat merugikan kita sendiri karena dapat merusak suatu hubungan baik yang selama ini terjalin,hal tersebut dapat dihindari dengan menyadari arti dari keberadaan kita yang sebenarnya.

1 comments

  1. gajahpesing // November 4, 2010 at 3:02 PM  

    anu.. komentar saia terkadang menyesatkan, hahahaha....